Calon Jamaah Haji asal Metro Diberi Nateri Manasik Kesehatan

Metro – Kantor Kementerian Agama Kota Metro bekerjasama dengan FK Unila dan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Lampung dalam memberikan materi manasik kesehatan calon jamaah haji Kota Metro, yang dilaksanakan pada 19-27 Juli 2019.

Ketua AKHI Lampung dr. Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes
mengutarakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja AKHI Lampung untuk terus terlibat dalam pembinaan calon jamaah haji khususnya di Provinsi Lampung.

“Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji ini adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan jemaah haji sehingga mencapai istithaah kesehatan haji,” ungkap dr.Zam.

Ia berujar, pentingnya para calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, untuk selalu memelihara kondisi kesehatannya walaupun sudah dinyatakan Istithaah Kesehatan, karena tidak tertutup kemungkinan akan berubah menjadi kondisi yang tidak baik untuk berangkat.

“Disebabkan lalai menjaga dan meningkatkan kesehatan dirinya”, tambah dr. Zam.

“Semoga dengan hadirnya AKHI Lampung di tengah jemaah haji Lampung maka akan memudahkan jemaah dalam memahami dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama selama penyelenggaraan ibadah haji,” kata dr. Zam.

Salah satu materi penting pada manasik haji tersebut adalah manasik kesehatan dan pola perlindungan jamaah haji. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro Bapak H. Johan Yusuf, S.Ag, M.Pd.I menyampaikan bahwa narasumber untuk manasik kesehatan dan pola perlindungan jamaah haji melibatkan narasumber dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung. Dua narasumber yang terlibat tersebut adalah Dr.dr. Jhons Fatriyadi Suwandi, M.Kes dari FK Unila yang juga pengurus AKHI Lampung dan dr. Edy Ramdhani dari AKHI Lampung yang juga tenaga medis di RSUDAM Propinsi Lampung. Masih menurut Johan Yusuf, Hal ini merupakan bukti kerja sama kemenag kota metro dengan FK Unila dan AKHI Lampung sebagai suatu langkah perubahan yang nyata untuk ummat khususnya calon jamaah haji kota Metro.

Para narasumber melakukan edukasi kepada calon jamaah haji untuk mengenal kondisi lingkungan di Arab Saudi dan kaitannya dengan kesehatan jamaah haji. Pada musim haji tahun ini, merupakan musim panas dengan suhu lingkungan dapat mencapai lebih dari 500C. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan jamaah haji. Apalagi profil jamaah haji Indonesia yang sebagian besar berusia diatas 50 tahun dengan berbagai msalah-masalah kesehatan.

Pada manasik kesehatan ini jamaah dikenalkan tentang pentingnya cara mengenali dan mencegah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, mengenalkan tentang kesehatan selama penerbangan dan pengenalan alat perlindungan diri (APD) untuk mencegah sengatan panas, cara mencegah sengatan panas, bagaimana pemilihan sandal jemaah untuk mencegah kaki melepuh, serta penjelasan penggunaan obat rutin yang dikonsumsi.

Dekan FK Unila Ibu Dr. Dyah Wulan SRW, SKM., M.Kes juga menyambut baik kegiatan ini dengan menugaskan salah satu dosen di FK Unila untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Hal ini menurut dekan merupakan salah satu wujud perhatian nyata FK Unila terhadap masyarakat Lampung khususnya calon jamaah haji Kota Metro. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen di perguruan tinggi.

Seperti diketahui tugas dari seorang dosen adalah tri dharma perguruan tinggi yang salah satu dharmanya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *