Andi Surya: Kamtibmas Bagian Penting Membangun Kota Metro

Metro – Peran dan kewajiban masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman sudah tercantum dalam batang tubuh UUD 1945 yaitu kewajiban sebagai warga negara seperti yang di atur pada Pasal 30.

“Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” tutur Anggota DPD RI Dr. H. Andi Surya, yang juga Ketua Yayasan Universitas MiTRA Indonesia dan Global Surya Islamic School.

Hal ini dikatakannya menanggapi aspirasi dan keluhan warga Kelurahan Banjarsari Basongan Metro Timur, Bang Ri (49) yang menuturkan bahwa saat ini tingkat kriminalitas cukup mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat saat dikunjungi jurnalis baru-baru ini.

Andi Surya yang akan mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Wali Kota Metro diharapkan kelak dapat mewujudkan kondisi aman dan nyaman bagi warga Metro. Kamtib kata Andi, merupakan hal yang urgen membangun suatu wilayah, bahwa pemeliharaan keamanan dan ketertiban salah satu fungsi Kepolisian yang meliputi penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara.

“Dibantu masyarakat dan pemerintah dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” kata Doktor H. Andi Surya di tempat terpisah.

Dilanjutkannya, masyarakat Kota Metro memiliki peran aktif dalam meningkatkan ketertiban dan keamanan, peran masyarakat itu bisa dibangkitkan dengan cara kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat secara bersama, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi Sistem Keamanan Lingkungan.

“Upaya ini memberikan pendidikan dan kesadaran untuk peduli ketertiban dan keamanan lingkungan. Dengan sosialisasi ini juga akan membuat warga mengerti kebutuhan pentingnya sistem keamanan lingkungan,” tutur Dr. H. Andi Surya.

Terakhir lanjut Andi, adanya koordinasi yang baik dan intensif yang melibatkan Polri, TNI, dan pemerintah kota dalam setiap penyelenggaraan keamanan  dan ketertiban masyarakat.

“Akan menciptakan keamananan yang kondusif membangun Kota Metro,” pungkas Andi Surya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *