Dirpolairud Polda Lampung jadi Narasumber Pelatihan Pemandu Wisata Alam

Bandarlampung – Dirpolairud Polda Lampung, Kombes Pol Usman HP, menjadi narasumber Pelatihan Pemandu Wisata Alam, di Hotel The Green, Bandar Lampung, Selasa,10 September 2019.

Kegiatan ini digagas Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Fakhrizal, dengan memberdayakan pengurus kalangan Dive Center dalam mengimplementasikan visi Kabupaten Pesawaran sebagai daerah wisata.

Pelatihan iikuti 47 peserta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Pahawang.

Kombes Usman menekankan tentang pemberdayaan Pokdarwis sebagai sebagai pengemban fungsi edukasi dan advokasi terhadap masyarakat Pahawang, demi terciptanya Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

“Meningkatnya ketahanan masyarakat untuk melindungi ekosistem lingkungan laut, pantai dan Pulau Pahawang,” ujarnya.

Pokdarwis dapat sebagai mitra Polairud dalam meningkatkan kegiatan Bimmas perairan untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“Terpeliharanya kerusakan terumbu karang sebagai kebiasaan masyarakat pemancing dengan menginjak-injak serta bahaya bom ikan,” jelas Kombes Usman.

Kepada unsur pemda dihimbau untuk melakukan tata kelola sampah dari hulu, sehingga laut tidak menjadi muara penampungan sampah yang akan mempengaruhi visibility para penyelam, merusak biota laut dan terumbu karang dan kepada masyarakat diharapkan Sadar Sampah.

“Tata Kelola perizinan kepariwisataan yang mendukung iklim destinasi wisata, tanpa mengorbankan aturan hukum yang menjadi pedomannya,” kata dia.

Di samping itu, Dirpolairud juga menekankan taktik teknik menyelam yang aman. Hindari penyelaman alam yang berbahaya dan mengancam kesehatan secara permanen berupa stroke dan lumpuh.

“Program pembinaan Pokdawis ini diharapkan dilakukan secara berkesinambungan terhadap seluruh wilayah kepariwisataan bahari di Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *