Pilwalkot Metro 2020, Gapoktan Dukung Andi Surya Maju

METRO – Harapan Ketua Kelompok Tani di Metro Timur, Samino, kepada Doktor H. Andi Surya yang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Metro, untuk memberikan solusi teknis masalah-masalah pertanian, demikian diungkapkannya, saat ditemui jurnalis baru-baru ini.

“Kami tahu latar belakang Pak Andi Surya, maka kami dukung penuh Pak Andi Surya menjadi Wali Kota Metro 2020 – 2025. Dengan harapan akan lebih memperhatikan sektor pertanian yang menjadi tulang punggung ekonomi rakyat,” kata Ketua Gapoktan Metro Timur itu.

Dihubungi secara terpisah, menanggapi pernyataan Ketua Gapoktan Metro Timur, menurut DR. H. Andi Surya salah satu persoalan klise dunia pertanian di Indonesia adalah sulitnya pemasaran hasil pertanian.

“Saat panen raya harga anjlok sehingga petani gigit jari dan saat paceklik harga melambung sehingga konsumen dibuat bingung. Hal ini terjadi hampir di semua komoditas pertanian baik pangan maupun hortikultura,” kata Andi Surya, Minggu, 8 September 2019.

Dikanjutkannya, panjangnya rantai distribusi dari petani hingga konsumen menjadi biang persoalan yang selama ini belum terselesaikan, ditambah lagi indikasi bermainnya kartel-kartel dalam perniagaan komoditas pertanian, ujarnya.

“Sektor pertanian masih menjadi agenda prioritas dengan pertimbangan tingkat kesuburan lahan, produktivitas serta sumberdaya pertanian yang unggul dan produktif di Metro,” ujar Dr. H. Andi Surya.

Mantan Anggota DPRD Lampung ini menyebutkan, era digitalisasi telah muncul sebagai solusi permasalahan antara produsen dan konsumen, konsep onlinenisasi dapat memberikan pengaruh positif yang signifikan bila diarahkan untuk penguatan dan pemberdayaan petani sebagai produsen komoditas pertanian.

“Dengan menggandeng pelaku bisnis startup online, bisnis berbasis digital, ke depan bisa mendukung sektor pertanian dalam hal memperluas pasar khususnya di Kota Metro ini,” urai Dr. H. Andi Surya sambil menutup pembicaraan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *